Monday, July 2, 2018

[Lengkap] Struktur Lapisan Atmosfer Bumi Dengan Penjelasan Detail

Leave a Comment

Bumi yang kita tempat ini merupakan satu-satunya planet yang di alam semesta yang dapat mendukung ke berlangsungan kehidupan makhluk hidup. Dengan berbagai kondisi yang sangat pas seperti halnya diameter, jarak dengan matahari, jumlah satelit dll membuat bumi memiliki iklim yang sangat cocok untuk berlangsungnya kehidupan. Meskipun banyak para pakar astronom yang sedang mencari kemungkinan adanya planet yang layak untuk dapat di tempati oleh makhluk hidup, namun hal itu mungkin tidak akan terjadi.

Salah satu faktor mengapa bumi dapat ditempati oleh makhluk hidup ialah kondisi atmosfer bumi yang memungkinkan. Atmosfer bumi memiliki beberapa lapis yang di mana tiap lapis memiliki fungsi masing masing sehingga akan membuat kondisi lingkungan yang sangat kondusif untuk berlangsungnya kehidupan yang di mana hal ini tidak dimiliki oleh planet manapun yang ada di alam semesta.


Tahukan kalian apa itu atmosfer ?? atmosfer merupakan lapisan gas yang melingkupi sebuah planet termasuk bumi yang dihitung dari permukaan planet hingga jauh di luar angkasa tergantung kondisi tiap planet. Salah satu atmosfer bumi yang bisa kita rasakan adalah udara yang kita hirup ini.

Nah dengan hebatnya sang pencipta ALLAH SWT membuat atmosfer bumi ini sehingga dapat kita nikmati, tentu kalian penasaran bagaimana struktur atmosfer bumi lebih dalam lagi. Untuk menjawab rasa penasaran kalian, berikut penjelasan secara detail struktur atmosfer bumi yang bisa kalian simak di bawah ini.


Kandungan Gas Pada Atmosfer Bumi

Secara umum atmosfer bumi mengandung gas 78% nitrogern (N2) dimana gas nitrogen ini merupakan gas inert, artinya gas tersebut tidak akan bereaksi dengan unsur lain untuk membentuk senyawa kimia baru. Kemudian 21% gas Oksigen (O2) dimana gas ini digunakan untuk makhluk hidup untuk proses respirasi (bernafas) selain itu oksigen juga berguna untuk melakukan proses oksidasi seperti pembentukan api. Selanjutnya dibawah 1% gas atmosfer mengandung unsur argon (Ar) yang merupakan gas inert. Jika di total, maka seluruh kandungan udara dari keterangan diatas adalah sebesar 99,96 %. itu berarti 0.04 % kandungan gas dari atmosfer bumi yang masih tersisa. 0,04 % tersebut merupakan gas karbondioksida (CO2) yang dapat mempengaruhi perubahan iklim bumi dan digunakan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis. Uap air (H2O) untuk kelembapan udara dan Ozone (O3) yang berguna untuk memfilter cahaya ultrviolet matahari (UV) agar tidak berbahaya bagi kehidupan di permukaan bumi.

Kandungan gas :

  • 78 % Nitrogern (N2)
  • 21 % Oksigen (O2)
  • <1 % Argon (Ar)
  • 0,04 % karbondioksida (CO2), Uap air (H2O), Ozone (O3)


Struktur Lapisan Atmosfer Bumi

Secara umum lapisan atmosfer bumi yang kita tempati ini terdiri dari 4 lapisan yaitu Toposfer, Stratosfer, Mesosfer dan Termosfer . Setiap lapis tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masimg. Berikut penjelasan dari 4 lapisan atmosfer tersebut.

1. Troposfer

Troposfer merupakan lapisan pertama pada atmosfer bumi yang terletak langsung di atas permukaan bumi. Lapisan ini berjarak 0 – 12 km dari permukaan bumi. Perlu kalian ketahui bahwa 75 % berat udara di seluruh atmosfer bumi berada di lapisan ini dan lapisan ini berisi udara yang kita hirup, angin yang kita rasakan dan tempat awan terbentuk. Segala sesuatu yang berhubungan dengan cuaca terjadi pada lapisan ini seperti halnya hujan, badai dll. Pada lapisan ini terjadi perbedaan suhu antara ketinggian terbawah hingga ketinggian yang paling atas. Semakin ke atas maka suhu akan semakin dingin dengan perubahan suhu turun berkisar 6,5 0C setiap 1 kilometer ketinggian. Hal ini dikarenakan semakin ke atas tekanan udara semakin rendah dan kandungan gas semakin berkurang.

Terletak diatas Troposfer terdapat pembatas yang disebut dengan Tropopouse di mana lapisan ini akan membatasi antara lapisan Troposfer dan stratosfer. Lapisan ini memiliki ketebalan sebesar 1,5 km yang dihitung dari jarak Troposfer dan stratosfer.


Troposfer :

  • Jarak : 0 - 12 Km
  • Mengandung 75% berat gas atmosfer bumi
  • Terjadi penurunan suhu sebesar 6,5 0C tiap 1 Km ketinggian.

2. Stratosfer

Stratosfer merupakan lapisan kedua diatas troposfer dan memiliki jarak yaitu 12-50 km. Perllu kalian ketahui bahwa pada lapisan ini terdapat lapisan ozone yang berfungsi untuk menyerap cahaya matahari yang berbahaya yaitu Ultraviolet (UV) agar tidak berbahaya bagi makhluk hidup di permukaan bumi. Pada lapisan ini suhu terhitung konstan yaitu sebesar -60 0C namun ketika pada Km 20 ke atas terjadi kenaikan suhu dikarenakan adanya penyerapan sinar ultraviolet sehingga pada Km 50 suhu menjadi 0 0C.


Stratosfer :

  • Jarak 12 – 50 Km
  • Sebagai penyerap sinar Ultraviolet Matahari

3. Mesosfer

Mesosfer merupakan lapisan ketiga yang terletak diatas Stratosfer dan memiliki jarak yaitu 50 -80 Km. Pada lapisan ini terjadi penurunan suhu yang disertai dengan bertambahnya ketinggian. Pada bagian teratas lapisan ini yaitu pada Km 80, memilik suhu hingga -80 0C. Dan juga tekanan udara pada lapisan ini juga sangat rendah dimana tekanan udara pada lapisan terbawah ( Km 50 ) sebesar 1 mili bar dan pada lapisan teratas (Km 80 ) sebesar 0,01 mili bar. Lapisan ini juga memiliki fungsi untuk mengkikis benda langit yang akan jatuh ke permukaan bumi. Sehingga benda tersebut tidak membahayakan ekosistem di bumi.


Mesosfer :

  • Suhu terendah sebesar -80 0C
  • Tekanan udara pada lapisan terbawah sebesar 1 mb dan pada lapisan teratas sebesar 0,01 mb

4. Termosfer

Termosfer merupakan lapisan keempat diatas mesosfer dan memiliki jarak 80 km hingga ke atas. Udara pada lapisan ini sangatlah tipis dan persis dengan namanya, termosfer merupakan lapisan atmosfer bumi yang sangat panas. Hal ini dikarenakan radiasi ultraviolet yang berubah menjadi panas. Lapisan ini memiliki suhu mencapai 2000 0C hingga lebih. Termosfer mengandung berbarapa lapisan lagi diantaranya

  • Ionosfer – merupakan lapisan terbawah pada termosfer dan memiliki jarak 80 – 550 km. Gas pada lapisan ini menyerap ultraviolet dan radiasi X-ray dari matahari. Partikel gas pada lapisan ini akan berubah menjadi bermuatan listrik (ion) sehingga akan memantulkan gelombang radio kembali ke bumi. Secara umum lapisan ini sangat membantu dalam radio komunikasi.

  • Eksosfer – merupakan lapisan teratas pada termosfer dan memiliki jarak 550 km hingga ribuan kilometer. Udara pada lapisan ini sangatlah tipis dan merupakan tempat satelit mengorbit.


Termosfer :

  • lapisan yang sangat panas dengan suhu mencapai 2000 0C hingga lebih.
  • Membantu dalam radio komunikasi dan tempat satelit mengorbit

Nah itu lah semua penjelasan dan informasi tentang struktur lapisan atmosfer bumi yang kita tempati ini. Semoga dengan artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu kalian semua.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment