Monday, July 2, 2018

[Tebaru] Inilah Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Leave a Comment

Bumi yang kita tempati ini merupakan satu-satunya tempat yang dapat menunjang adanya kehidupan. Hal ini tidak lepas dari alam bumi yang sangat mendukung adanya kehidupan seperti halnya melimpahnya air, suhu yang nyaman dan stabil, tanah yang subur dan masih banyak yang lainnya.

Nah perlu kalian ketahui bahwa seluruh yang ada di alam bumi maupun di luar bumi yang dapat menunjang kehidupan manusia bisa disebut dengan sumber daya alam. Sumber daya alam sendiri terbagi menjadi dua yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang sangat melimpah atau tidak terbatas ketersediaan nya di alam atau dapat dibuat kembali ketika sumber daya alam tersebut sudah habis. Hal ini sudah saya bahas pada artikel tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui jika kalian ingin tau lebih dalam lagi.

Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang ketersediaan nya di alam sangat terbatas dan apabila telah habis tidak dapat di buat kembali atau untuk membuatnya kembali dibutuhkan waktu yang sangat lama. Sumber daya ini akan habis seiring adanya pengambilan di alam secara terus menerus.

Banyak negara adidaya di dunia ini sangat khawatir akan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui ini. Hal ini lah yang membuat banyak para ilmuwan untuk membuat alternatif untuk menggantikan penggunaan dari sumber daya alam ini jika kapasitas nya di alam sudah habis. Nah bagi kalian yang penasaran apa saja sih sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini, berikut kalian bisa simak daftar sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui di bawah ini.

1. Bahan Mineral



Bahan mineral merupakan bahan yang berasal dari mineral yang ada di alam dimana mineral sendiri adalah senyawa kimia homogen, anorganik (bukan makhluk hidup) yang memiliki sistem kristal tertentu dan terbentuk secara alami. Contoh mineral yang ada di alam ialah besi, tembaga, nikel, timah dan lain sebagainya. Biasanya bahan mineral ini banyak digunakan untuk kebutuhan bangunan gedung dan semisalnya.


Bahan mineral ini sangat melimpah di alam namun sangat terbatas dan akan habis seiring pengambilan nya di alam yang terus menerus.

2. Bahan Bakar Fosil

Bahan bakar fosil adalah sumbur daya alam yang mengandung hidrokarbon. Bahan bakar ini terbentuk dari bahan organik (makhluk hidup) yang mengendap diantara lapisan sedimen bumi selama jutaan tahun. Karena proses pembentukan nya yang lama di alam dan kebutuhan yang sangat banyak membuat sumber daya alam ini sangat terbatas ketersedian nya di alam.

Nah perlu kalian ketahui bahwa bahan bakar fosil ini memiliki jenis yang berbeda. Pengendapan oleh jenis organik yang berbeda akan menghasilkan jenis bahan bakar fosil yang berbeda pula. Berikut berbagai macam bahan bakar fosil biasa kita gunakan.

[1. Minyak Bumi]



Minyak bumi merupakan bahan bakar cair yang dihasilkan dari dalam bumi. Minyak bumi ini terbentuk dari hasil peruraian (dekomposi) dari materi tumbuhan dan hewan di suatu daerah yang subsidence (turun) secara perlahan.

Minyak bumi ini merupakan bahan mentah yang masih harus diolah. Jika telah diolah maka akan terbagi lagi menjadi beberapa bahan bakar yang digunakan sesuai dengan jenis mesin yang berbeda. Salah satu contoh jenis bahan bakar minyak bumi ini ialah bensin (mesin otto), solar (mesin diesel), Avtur (pesawat).

Nah jika kita lihat di jaman ini bahwa kebutuhan akan minyak bumi sungguh sangat mendesak. Hampir seluruh ruas kehidupan manusia saat ini sangat bergantung dengan yang namanya mesin yang membutuhkan bahan bakar minyak sebagai bahan bakar utamanya. Dengan banyaknya kebutuhan ini diperkirakan sumber daya alam jenis ini akan habis dalam kurun waktu 30 tahun lagi.

Hanya untuk sekedar informasi berikut saya cantumkan daftar negara penghasil minyak terbesar di dunia.



[2. Gas Alam]



Gas Alam merupakan bahan bakar berupa gas yang terbentuk dari proses dekomposi bahan organik seperti halnya pada minyak bumi dan tersusun sebagian besar terdiri dari metana dan etana. Berbeda dengan minyak bumi, gas alam dapat muncul ke permukaan tanpa harus dilakukan pengeboran. Hal ini dikarenakan sumber daya ini berbentuk gas di mana massa jenis gas alam lebih ringan dari udara yang membuat gas alam akan naik melalui pori-pori tanah dan muncul ke permukaan. Gas alam ini bisanya digunakan untuk kebutuhan memasak, PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas), dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan minyak bumi, gas alam ketersediaan nya di bumi sangatlah terbatas. Tercatat cadangan gas dunia dari 20 negara sebesar 6,112 triliun kaki kubik dan kebutuhan dunia akan kebutuhan gas yang sangat banyak sehingga banyak para ilmuwan memperkirakan gas alam akan habis kira-kira 70-80 tahun lagi.

Hanya untuk sekedar informasi berikut saya berikan peta penghasil gas alam yang ada di seluruh dunia.



[3. Batu Bara]



Batu bara merupakan bahan bakar padat seperti batu yang terbentuk dari proses dekomposi bahan organik seperti halnya minyak bumi dan gas alam yang utamanya dari sisa sisa tumbuhan. Batu bara ini bisanya digunakan untuk kebutuhan industri seperti halnya PLTU yang menggunakan bahan bakar ini untuk memanaskan air dalam menggerakkan turbin.

Seperti halnya dengan minyak bumi dan gas alam, batu bara sangat terbatas ketersediaan nya di alam dimana tercatat cadangan batu bara dunia sebesar 909.064 juta ton yang kemungkinan habis untuk kebutuhan dunia sekitar 120 tahun lagi.

Hanya untuk informasi berikut saya tampilkan daftar negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia.



3. Batu Mulia



Batu mulia merupakan mineral batu yang terbentuk dari proses geologi yang terdiri satu atau beberapa komponen kimia. Batu mulia ini merupakan kumpulan batu yang memiliki harga sangat mahal. Mengapa mahal ? Hal ini dikarenakan ketersediaanya di alam yang sangat sedikit dan sangat indah dengan peminatnya yang sangat banyak.

Salah satu contoh batu mulia yang biasa kalian dengar adalah ruby, jasper, berlian ataupun batu akik. Semuanya sangat terbatas di alam dana akan habis jika selalu di ambil.


4. Bahan Bakar Nuklir



Salah satu energi alternatif yang masih baru dan sedikit negara yang menggunakannya ialah bahan bakar nuklir. Bahan bakar nuklir sendiri merupakan semua jenis material yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi nuklir. Tahukah kalian apa itu energi nuklir? Energi nuklir ini adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi nuklir (fisi atau fusi) dari bahan yang salah satunya ialah uranium.

Pada PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) Reaksi nuklir pada uranium digunakan untuk menghasilkan panas yang di mana panas tersebut di manfaatkan untuk memanaskan air agar berubah menjadi uap yang akan menggerakkan turbin sehingga menghasilkan energi listrik.

Meskipun jarang digunakan untuk saat ini, ketersediaan bahan bakar nuklir di dunia sangat lah terbatas dan akan habis seiring adanya pengambilan di alam.

Nah itu lah semua penjelasan tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian semua.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment