Monday, July 2, 2018

[Lengkap] Penjelasan Sistem Tata Surya, Susunan, Nama Planet dan Gambarnya

Leave a Comment

Jika kalian ketahui bahwa bumi yang kita tempati ini bukanlah satu-satunya planet yang ada di jagat raya. Banyak sekali planet yang bertebaran dengan jumlah yang tidak terbatas di seluruh alam semesta dengan berbagai kondisi lingkungan yang berbeda pula. Dengan banyaknya planet yang ada di alam semesta tersebut, hanya bumi lah yang dapat menunjang adanya kehidupan. Tentu hal ini tidak lain karena adanya kuasa sang pencipta yaitu ALLAH SWT.

Perlu kalian ketahui bahwa Bumi merupakan planet yang beredar mengelilingi matahari. Hal ini lah yang membuat adanya pergantian musim setiap tahun yang selalu sama. Namun jika kalian ketahui bahwa bumi bukanlah satu-satunya planet yang beredar mengelilingi matahari. Banyak planet-planet di luar sana yang beredar mengelilingi matahari dikarenakan adanya pengaruh gaya gravitasi oleh matahari. Kumpulan planet / benda langit yang mengelilingi sebuah bintang (matahari) dikarenakan adanya pengaruh gaya gravitasi oleh bintang tersebut disebut dengan sistem tata surya.

Sistem tata surya sendiri terdiri dari beberapa anggota diantaranya adalah planet, bintang dan benda langit lainnya yang selalu beredar pada poros nya. Nah jika kalian penasaran tentang sistem tata surya yang kita tempati ini, kalian dapat menyimak tentang sistem tata surya yang saya bahas secara lengkap dan menarik pada artikel di bawah.


Secara umum sistem tata surya yang kita tempati ini terdiri 3 benda langit yaitu Matahari (Bintang), Planet-Planet dan Benda langit lainnya seperti komet, asteroid dll. Berikut daftar anggota sistem tata surya
  1. Bintang 
  2. Planet
  3. Benda Langit Lainnya

1. Bintang

Jika kalian lihat ketika malam hari di angkasa, banyak benda langit yang terang benderang yang biasa kita sebut dengan bintang. Mengapa bintang dapat terlihat oleh kita di malam hari?

Bintang merupakan benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Hal itu dikarenakan bintang tersusun atas gas yang berpijar sehingga benda ini dapat dengan sendirinya memancarkan cahaya sendiri. Cahaya yang dihasilkan oleh bintang ini merupakan energi foton dimana energi ini dapat dirasakan berupa suhu / rasa hangat yang dirasakan oleh planet / makhluk yang tinggal di dalamnya

Bintang bisanya memiliki ukuran yang sangat besar dari pada jenis benda langit lainnya. Hal ini membuat bintang memiliki gravitasi yang sangat besar dan dapat menarik benda langit yang lainnya sehingga benda tersebut akan berputar mengelilingi bintang tersebut.

Untuk sistem tata surya yang kita tempati ini, matahari merupakan bintang yang menjadi pusat tata surya dan sebagai sumber energi bagi planet-planet di sekitarnya terutama bumi

[ Matahari ]



Matahari terbentuk kurang lebih 4,5 juta tahun yang lalu yang merupakan objek yang paling besar di tata surya dan juga merupakan pusat tata surya di mana massa matahari memenuhi lebih dari 99,8 % dari total seluruh masa tata surya.

Memiliki ukuran diameter sekitar 1,400,000 km atau kurang lebih 110 kali dari ukuran bumi dan Jarak antara matahari dan bumi sekitar 149 juta km

Matahari tersusun atas 70% hidrogen dan 28% helium dan kurang dari 2% terdiri dari logam sehingga membuat matahari merupakan objek yang lebih menyerupai bola gas yang berpijar yang selalu bergejolak. Jika kita perhatikan dari bumi, matahari merupakan benda langit yang terang dan polos. Namn secara fakta tidak lah demikian

Lapisan terdingin matahari terletak sekitar 500 Km diatas permukaan matahari dengan suhu sekitar 4,100 K sedangkan pada inti matahari suhu bisa mencapai angka 15,600,000 K. Hal ini dapat membuat benda apapun yang masuk ke matahari akan meleleh seketika.

Lapisan Matahari
Matahari seperti halnya planet yang dimana memiliki lapisan penyusun. Namun jika amati dari bumi matahari hanyalah cahaya terang yang tampak bersinar di siang hari. Berikut lapisan penyusun matahari matahari.


Inti – bagian ini merupakan sumber energi utama dari matahari dimana pada lapisan ini terjadi reaksi fusi nuklir dari helium menjadi nitrogen. Suhu pada lapisan ini sekitar 15 juta 0C dan memiliki ketebalan sekitar 175,000 Km dari pusat matahari.

Fotosfer – merupakan lapisan permukaan matahari. Lapisan ini merupakan gas panas dengan ketebalan sekitar 500 Km. Suhu pada lapisan ini sekitar 5700 K.

Kromosfer – merupakan lapisan gas yang tepat diatas fotosfer dimana lapisan ini mengelilingi matahari dengan suhu sekitar 20,000 K. Kromosfer memiliki ketebalan sekitar 16,000 Km dan biasanya tampak jelas ketika terjadi gerhana matahari total.

Korona – lapisan merupakan lapisan terluar matahari dan memiliki ketebalan sekitar 2,500,000 Km dengan suhu rata-rata mencapai 1000,000 K. Lapisan ini juga dapat diamati ketika terjadi gerhana matahari total dengan tampilan berwarna perak cemerlang di sekitar matahari.

Profil:

- Julukan  : Pusat Tata Surya
- Suhu    : 15,600,000 K (inti)  4,100 K (terendah)
- Kala Rotasi : 27 hari
- Diameter   : 1,392,684 Km atau 110 kali bumi
- Jarak – Bumi : 149 juta km



2. Planet

Apa itu planet ? Planet merupakan benda angkasa yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri dan bergerak mengelilingi bintang sesuai dengan orbit nya. Selain itu, planet juga berputar pada porosnya dengan gerakkan yang berlawanan arah dengan jarum jam.

Jika di dalam sistem tata surya kita, gugusan planet terbagi menjadi 2 yaitu planet dalam dan planet luar di mana planet dalam ialah planet yang jaraknya dekat dengan matahari sedangkan planet luar adalah planet yang memiliki jarak yang jauh dari matahari.

Untuk planet dalam terdiri dari merkurius, venus, bumi, mars. Sedangkan untuk planet luar terdiri dari jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus. Kedua gugusan ini dipisahkan oleh sabuk asteroid, di mana ada ribuan asteroid yang mengelilingi matahari di antara mars dan jupiter.

Jika kalian perhatikan gugusan tersebut, bahwa di jaman dahulu pluto merupakan sebuah planet yang di dalam sistem tata surya kita namun sekarang pluto bukanlah merupakan planet. Hal ini dikarenakan ukuran pluto terlalu kecil untuk dikatakan sebuah planet dan memiliki jalur orbit yang tidak menentu. Hal inilah yang membuat pluto tidak termasuk ke dalam kelompok planet.

Nah, berikut penjelasan tentang kedelapan planet yang ada di sistem tata surya kita.

[ 1. Merkurius ]



merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari dengan jarak sekitar 58 juta Km dan merupakan planet terkecil dengan ukuran jari-jari sekitar 2,440 km atau 0,38 kali dari jari-jari bumi.

Karena dekatnya jarak antara merkurius dan matahari membuat suhu pada planet ini sangat dingin dan panas. Tercatat bahwa suhu pada permukaan merkurius berkisar antara 90 sampai 700 K ( -180 sampai 430 derajat celcius).

Seperti halnya bumi, merkurius juga berevolusi mengelilingi matahari dengan jangka waktu selama 88 hari dan berotasi dengan jangka waktu selama 59 hari. Artinya satu tahun di merkurius sama dengan 88 hari di bumi dan satu hari di merkurius sama dengan 59 hari di bumi.

Mirip dengan bulan, merkurius memiliki banyak kawah dan tidak memiliki satelit. Merkurius juga bisa dilihat oleh kita di bumi ketika waktu subuh dan maghrib .

Merkurius juga memiliki banyak julukan diantaranya ialah disebut “Budha” oleh orang india, di berbagai negara di asia timur merkurius di sebut dengan “Bintang air”.

Profil:

- Julukan   : Bintang Air, Bintang fajar
- Suhu : 90 sampai 700 K ( -180 sampai 430 derajat celcius).
- Kala revolusi : 88 hari
- Kala Rotasi : 59 hari
- Jari – Jari : 2,440 km atau 0,38 kali dari jari-jari bumi.
- Jarak – Matahari : 58 juta Km
- Tekanan Udara :  tidak diketahui.

[ 2. Venus ]



Venus merupakan planet terdekat kedua dari matahari setelah merkurius dengan jarak sekitar 108 juta Km dan merupakan planet yang menyerupai bumi atau disebut dengan “planet saudara”. Hal ini dikarenakan ukuran, gravitasi dan komposisi dari venus yang hampir mirip dengan bumi di mana jari-jari venus yaitu sekitar 6,051 Km atau 0,95 kali dari jari-jari bumi. Begitu pula dengan gravitasi pada venus yaitu sekitar 0,9 kali dari bumi.

Venus merupakan benda langit yang paling terang setelah bulan dan matahari yang dapat terlihat di langit bumi dan biasa disebut dengan julukan “Dewi Cinta”.

Sama dengan bumi, venus juga berevolusi mengelilingi matahari dengan kala evolusi selama 224,7 hari dan berotasi selama 243 hari dengan jalur orbit yang hampir melingkar. Artinya selama setahun di venus sama dengan 224,7 hari dan satu haru di venus sama dengan 243 hari di bumi. Kala rotasi venus merupakan kala rotasi ter lama pada planet di sistem tata surya kita dan memiliki arah rotasi searah jarum jam dimana hal ini berbeda dari kebanyakan planet yang ada.

Venus merupakan planet terpanas di sistem tata surya kita dengan suhu permukaan rata-rata sebesar 735 K (462 0C) dengan kondisi permukaan yang bergurun, kering dan diselangi oleh batuan yang dihasilkan oleh aktivitas vulkanik dimana tekanan udara pada permukaan venus sebesar 92 bar atau 92 kali tekanan bumi.

Profil:

- Julukan: Dewi Cinta, Bintang Kejora
- Suhu: rata-rata 735 K (462  0C)
- Kala revolusi: 224,7 hari
- Kala Rotasi: 243 hari
- Jari – Jari: 6,051 Km atau 0,95 kali dari jari-jari bumi
- Jarak – Matahari: 108 juta Km
- Tekanan Udara: 92 bar atau 92 kali tekanan bumi.

[ 3. Bumi ]



Bumi merupakan planet terdekat ketiga dari matahari dan merupakan satu-satunya planet yang dikenal oleh umat manusia sebagai planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Jarak antara bumi dan matahari yaitu sekitar 150,000,000 Km dan dijadikan sebagai acuan jarak astronomi yaitu 1 SA ( 1 SA= 150,000,000 Km).

Bumi merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet yang ada di tata surya dengan jari-jari planet bumi sebesar 6,371 Km.

Sama dengan planet pada umumnya, planet bumi berevolusi mengelilingi matahari dengan jangka waktu selam 365 hari dan berotasi dengan jangka waktu selama 24 jam (1 hari).

Suhu dipermukaan bumi merupakan suhu yang sangat ideal untuk keberlangsungan makhluk hidup dimana suhu rata-rata pada bumi yaitu sebesar 288 K (15 0C) dengan suhu terendah yaitu sebesar 184 K (-89,2 0C) dan suhu tertinggi sebesar 330 K ( 56,7 0C).

Bumi juga dikenal dengan julukan sebagai planet “Biru”. Hal ini dikarenakan permukaan bumi yang penuh dengan lautan dimana akan tampak warna kebiruan ketika dilihat dari luar angkasa. Bumi pun memiliki satelit alami yang biasa kita sebut dengan bulan

Profil:

- Julukan: Planet Biru
- Suhu: rata-rata 288 K (15  0C) 
- Kala revolusi: 365 Hari
- Kala Rotasi: 24 jam 
- Jari – Jari: 6,371 Km
- Jarak – Matahari: 150 juta Km
- Tekanan Udara: 1 bar


[ 4. Mars ]



Planet mars merupakan salah satu planet yang tidak asing dan sering kita dengar. Banyak isu yang menyatakan bahwa planet ini digadang-gadang merupakan planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Namun pada kenyataannya tidak ada satu pun tanda-tanda bahwa pernah ada kehidupan di mars.

Planet ini dijuluki dengan “planet merah”. Hal ini dikarenakan penampakan mars yang tampak kemerah merahan di langit bumi. Tampak merah tersebut dikarenakan adanya besi 3 oksida (Fe2O3) di permukaan mars

Planet mars merupakan planet terdekat keempat dari matahari yaitu dengan jarak sekitar 228 juta Km dan memiliki jari-jari sebesar 3,396 Km atau sebesar 0,533 kali bumi.

Mars memiliki kondisi permukaan yang memiliki banyak kawah, gunung berapi lembah, gurun dan tudung es dengan kondisi suhu rata-rata permukaan sebesar 227 K (-46 0C ). siklus iklim pada mars hampir mirip dengan bumi. suhu terendah pada mars berkisar 186 K ( -87 0C) dan suhu tertinggi berkisar 268 K (-5 0C). tekanan pada mars berkisar 0,6 -1 kPa atau hampir mirip dengan bumi.

seperti halnya planet lainnya, mars berevolusi mengelilingi matahari selama 687 hari dan berotasi selama 24 jam 37 menit 23 detik yang artinya 1 tahun di mars sama dengan 687 hari di bumi dan 1 hari mars sama dengan ~1 hari di bumi. Selain itu Mars memiliki 2 buah satelit yang bernama phobos dan Deimos.

Profil:

- Julukan: Planet  merah
- Suhu: rata-rata 227 K (-46 dertajat Celcius ) 
- Kala revolusi: 687 hari
- Kala Rotasi: 24 jam 37 menit 23 detik 
- Jari – Jari: 3,396 Km
- Jarak – Matahari: 228 juta Km
- Tekanan Udara: 0,6 -1 kPa (0,6 – 1 kali tekanan di bumi)


[5. Jupiter ]



Planet jupiter merupakan planet ke lima dalam tata surya kita dan merupakan planet terbesar dengan jarak sebesar 778,5 juta Km dari matahari dan jari-jari planet sebesar 69,911 km atau 11 kali dari ukuran bumi. Planet ini dinamai oleh bangsa romawi dengan mengambil nama dari dewa yupiter.

Jupiter merupakan planet yang sebagian besar terdiri dari kumpulan besar gulungan gas panas yaitu hidrogen dan helium dan sering terjadi badai yang dahsyat di planet ini. Hal ini membuat permukaan jupiter tidak seluruhnya padat. Jupiter juga planet yang memiliki cincin yang sangat tipis dan memiliki 67 satelit alami.

Permukaan jupiter dilapisi oleh awan yang terdiri dari kristal amonia dan kemungkinan amonium hidrosulfida dengan suhu rata-rata sebesar 165 K ( -108,5 0C) dan tekanan udara sebesar 20 – 200 Kpa atau 0,2 hingga 2 kali tekanan udara bumi.

Sama dengan planet lainnya jupiter berevolusi mengelilingi matahari dengan jangka waktu selama 11,9 tahun dan berotasi selama 9 jam 59 menit (10 jam) yang artinya 1 tahun di jupiter sama dengan 11,9 tahun di bumi dan 1 hari di jupiter sama dengan 10 jam di bumi.

Jupiter memiliki banyak satelit yaitu sebanyak lebih dari 60 dan di perkirakan masih ada yang belum di temukan.

Profil:

- Julukan: Planet  Raksasa
- Suhu: rata-rata 165 K ( -108,5 C) daerah awan 
- Kala revolusi: 11,9 tahun
- Kala Rotasi: 9 jam 59 menit (10 jam) 
- Jari – Jari: 69,911 km atau 11 kali dari ukuran bumi
- Jarak – Matahari: 778,5 juta Km
- Tekanan Udara: 20 – 200 Kpa (0,2 hingga 2 kali bumi)

[ 6. Saturnus ]



Saturnus merupakan planet keenam dalam tata surya kita dan merupakan planet terbesar kedua dengan panjang jari-jari sebesar 60,268 km atau 9,4 kali besar bumi dan jarak ke matahari sebesar 1.433 milliar km.

Saturnus dikenal sebagai planet cincin karena terdapat meteorid yang mengelilingi planet layaknya sebuah cincin. Planet ini merupakan planet gas yang di mana hampir seluruh komposisi planet merupakan gas amonia dan metana dengan suhur rata- rata tercatat sebesar 134 K (-139 0C ) dan tekanan atmosfer sebesar 140 kPa atau 1,2 kali tekanan bumi sehingga jika kita berpijak ke planet tersebut maka kita akan tenggelam menuju ke inti saturnus.

Kala revolusi di saturnus pun cukup lama dimana 1 tahun di saturnus sama dengan 29,46 tahun sedangkan kala rotasi saturnus cukup singkat dimana 1 hari saturnus sama dengan 10 jam 40 menit 24 detik. Tercatat planet ini memeiliki 62 satelit alami dimana sebanyak 52 telah diberi nama.

Profil:

- Julukan: Planet  Cincin
- Suhu: rata-rata 134 K (-139 C ) pada tekanan 1 bar 
- Kala revolusi: 29,46 tahun
- Kala Rotasi: 10 jam 40 menit 24 detik 
- Jari – Jari: 60,268 km atau 9,4 kali besar bumi
- Jarak – Matahari: 1.433 miliar km.
- Tekanan Udara: 140 kPa (1,2 kali tekanan bumi )

[ 7. Uranus ]



uranus merupakan planet ketujuh terjauh dari matahari dan merupakan planet terbesar keempat dalam sistem tata surya kita dimana jarak antara uranus dan matahari sebesar 2.87 miliar km dan jari-jari planet sebesar 25,559 km atau 4 kali besar bumi.

Planet ini merupakan planet gas dimana komposisi utamanya terdiri dari gas helium dan hidrogen namun berbeda dari planet gas lainnya, uranus memiliki kandungan lebih banyak es di dalamnya sehingga mengakibatkan planet ini tampak berwarna biru yang para ilmuan menyebut planet ini dengan sebutan “Raksasa Es”. Tak heran hal itu terjadi karena uranus merupakan planet terdingin di tata surya dengan suhu permukaan terdingin sebesar 49 K (-224 0C) dan tekanan atmosfer sebesar diatas 1000 bar

Kala revolusi di uranus pun cukup lama dimana 1 tahun di uranus sama dengan 84,3 tahun sedangkan kala rotasi saturnus cukup singkat dimana 1 hari saturnus sama dengan 11 jam dengan arah searah jarum jam.

Tercatat planet ini memiliki 27 satelit alami dimana sebanyak 5 satelit yang terkenal adalah Titania, Oberon, Ariel, Umbriel dan Miranda.

Profil:

- Julukan: Petualang Misterius
- Suhu: terdingin 49 K (-224  C)
- Kala revolusi: 84,3 tahun
- Kala Rotasi: 11 jam 
- Jari – Jari: 25,559 km atau 4 kali besar bumi
- Jarak – Matahari: 2.87 miliar km
- Tekanan Udara: di atas 1000 bar ( 1000 kali tekanan bumi)


[ 8. Neptunus ]



Neptunus merupakan planet terjauh dari matahari yang ditemukan pada tanggal 23 september 1846 oleh ilmuan dimana jarak neptunus ke matahari sebesar 4.49 milliar km.

Planet ini merpakan planet terbesar keempat dengan jari-jari sebesar 24,764 km atau 3.88 kali bumi dimana satu tahun di planet neptunus sama dengan 164,8 tahun dan 1 hari di planet ini sama dengan 16,1 jam.

Uranus memiliki komposisi yang hampir mirip dengan uranus di mana hampir seluruh komposisi planet terdiri dari gas hidrogen, helium dan kandungan es dengan suhu terdingin pada permukaan uranus tercatat sebesar 55 K (-218 0C) dan tekanan atmosfer sebesar di atas 1000 bar. Hal ini yang membuat uranus dan neptunus disebut dengan Raksasa Es

uranus juga memiliki satelit alam di mana satelit terbesarnya bernama triton, sementara terdapat 12 satelit baru lainnya yang ditemukan pada abad ke-20 ini.

Profil:

- Julukan: Planet Laut
- Suhu: terdingin 55 K (-218  C)
- Kala revolusi: 64,8 tahun
- Kala Rotasi: 16,1 jam. 
- Jari – Jari: 24,764 km atau 3.88 kali bumi
- Jarak – Matahari: 4.49 miliar km
- Tekanan Udara: di atas 1000 bar ( 1000 kali tekanan bumi)


3.Benda Langit Linnya

Selain dari dua jenis benda langit di atas, sistem tata surya kita memiliki banyak benda langit lain yang selalu menghiasi langit dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Benda langit ini ada yang bergerak secara teratur dan ada yang bergerak tidak teratur atau tidak memiliki orbit. Nah apa saja benda langit lainnya tersebut ? Berikut daftar benda langit lainnya yang bisa kalian simak

[ 1. Meteor ]



meteor adalah benda langit yang sangat kecil yang mengelilingi matahari dengan jalur lintasan yang tidak tetap di mana meteor merupakan serpihan dari asteroid dan komet sehingga meteor memiliki komposisi campuran batu dan besi seperti halnya asteroid dan komet.

Meteor ini dapat masuk ke bumi diakibatkan adanya gaya tarik gravitasi bumi. Namun meteor akan terbakar habis dikarenakan adanya gesekan dengan atmosfer bumi. Hal ini akan membuat meteor terbakar layaknya bola api yang terbang di langit bumi. Meteor yang tidak akan habis terbakar akan jatuh ke bumi yang disebut dengan meteorit. Jatuhnya meteor ini biasanya akan membuat lubang atau kawah jika terjatuh di daratan.

Berikut daftar meteorit terbesar yang pernah jatuh ke permukaan bumi

  • Vredfort – diperkirakan jatuh ke permukaan bumi pada 2 miliar tahun yang dan meteorit ini menyebabkan terbentuknya kawah seluas 190 Km persegi di afrika selatan
  • Sudbury – diperkirakan menghantam bumi pada 1,8 miliar tahun yang lalu dan membentuk kawah seluas 130 Km persegi di ontario, kanada
  • Acraman – menghantam bumi pada 580 juta tahun yang lalu dan membentuk sebuah danau yang juga di beri nama Acraman di Australia selatan
  • Woodleigh – diperkirakan jatuh ke bumi pada 364 juta tahun yang lalu dan membentuk kawah seluas 40 hingga 120 Km persegi di Australia Barat.
  • Manicougan – diperkirakan menghantam bumi pada 215 juta tahun yang lalau dan meteorit ini membentuk kawah seluas 100 Km persegi di Manicougan di Quebec, Kanada



[ 2. Asteroid ]



Asteroid merupakan benda langit yang berjumlah sangat banyak dan menggerombol membentuk sebuah sabuk yang mengelilingi matahari. Asteroid memiliki orbit berbentuk elips dan terletak antara planet mars dan planet jupiter. Hal ini yang membuat adanya pengelompokan planet di tata surya menjadi dua yaitu planet dalam (merkurius, venus, bumi, mars) dan planet luar (jupiter, saturnus, uranus, neptunus)

Asteroid juga disebut dengan planet minor atau planetoid dan memiliki bentuk yang tidak beraturan. berbeda dari planet yang memiliki bentuk bulat atau elips sempurna

[3. Satelit ]



satelit merupakan benda luar angkasa yang mengorbit pada planet atau benda yang lebih besar dari pada dirinya. Secara terminologi planet merupakan satelit dari pada bintang namun hal ini jarang digunakan.

Satelit terbagi menjadi 2 yaitu satelit alami dan satelit buatan. Satelit alami merupakan benda angkasa yang terbentuk dengan sendirinya dan mengelilingi sebuah planet. Salah satu contoh satelit ini yang biasa kita dengar adalah bulan yang merupakan satelit bumi.

Sedangkan satelit buatan merupakan benda luar angkasa buatan manusia yang mengorbit mengelilingi planet. Bisanya satelit ini digunakan untuk komunikasi atau pun kegiatan yang berhubungan dengan luar angkasa. Terdapat 137 satelit alami yang mengorbit pada 6 planet.


[ 4. Komet ]



komet merupakan benda luar angkasa yang beredar mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong atau hiperbolis. Komet tersusun atas gas dan debu yang membeku pada saat menjauh dari matahari. Namun ketika mendekati matahari sebagian bahan penyusun komet menguap dan membentuk ekor gas. Hal tersebut yang membuat komet disebut dengan bintang berekor.

Semua komet memiliki orbit dan tercatat bahwa komet yang memiliki orbit ter pendek ialah komet Encke dengan waktu selam 3,3 tahun. Namun adanya juga komet yang memiliki orbit hingga ribuan tahun untuk menyelesaikan 1 kali lintasan orbit.

Nah itulah semua penjelasan tentang sistem tata surya yang kita tempati ini, semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment