Monday, July 2, 2018

[Terbaru] Inilah Daftar Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

1 comment

Bumi merupakan satu-satunya planet di alam semesta yang dapat menunjang adanya kehidupan. Dengan kondisi lingkungan yang sangat pas dan mendukung, membuat planet ini cocok untuk di tempati oleh makhluk hidup.

Salah satu faktor yang membuat bumi dapat di tempati oleh makhluk hidup terutama manusia adalah limpahan sumber daya alam (SDA) yang tersedia. Tentu kalian jika masih di bangku sekolah akan sering mendengar istilah ini. Sumber daya alam ini sangat banyak dan melimpah ruah di tiap belahan bumi dan siap untuk manusia manfaatkan. Hal ini tidak terlepas dari rahmat sang pencipta yaitu ALLAH SWT yang telah menyediakan hal tersebut untuk manusia gunakan.

Secara umum sumber daya alam adalah segala sesuatu dari alam yang dapat membantu dalam kehidupan manusia. Sumber daya alam sendiri terbagi menjadi 2 yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui ini merupakan sumber daya alam yang apabila persediaan nya di alam telah habis maka dapat di produksi kembali dengan waktu yang relatif singkat. Produksi sumber daya alam tersebut bisa dilakukan secara alami atau pun dengan buatan manusia.

Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang apabila persediaan nya telah menipis atau habis maka tidak dapat di produksi kembali atau bisa di produksi namun dengan waktu yang relatif sangat lama yaitu bisa sampai ribuan tahun.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi kepada kalian tentang daftar sumber daya alam mana saja yang bisa diperbarui dan dapat di manfaatkan oleh manusia. Untuk mempersingkat waktu berikut simak artikel di bawah.

Karakteristik Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui

Untuk mengetahui sumber daya alam yang dapat diperbarui, kita dapat mengetahui dari beberapa karakteristik / syarat sumber daya alam tersebut apakah dapat di perbarui atau tidak. Berikut syarat sumber daya alam yang dapat diperbarui.

  • Dapat diperbarui seiring dengan eksploitasi yang dilakukan dan dapat selalu tersedia untuk digunakan.
  • Sumber daya alam tersebut dapat di regenerasi / di buat kembali
  • Sumber daya alam yang dapat diperbarui akan menjadi SDA tidak dapat diperbarui jika digunakan melebihi dari kapasitas yang ada di alam (proses regenerasi tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan)


1. Air



Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi planet ini. Hidup tanpa air akan sangat mustahil bagi setiap makhluk hidup di planet ini.

Di planet ini air memiliki jumlah yang tidak terbatas. Kita dapat menemukannya di lautan, sungai, danau dan ketika hujan. Dengan banyaknya pasokan air tersebut manusia dapat menggunakan air untuk kebutuhan selain di konsumsi seperti halnya untuk pembangkit listrik.

  • HydroPower – merupakan pemanfaatan air sungai untuk digunakan sebagai pembangkit listrik. Air dalam sungai di tampung dalam bendungan dan digunakan untuk menggerakkan turbin di dalam pembangkit listrik.


  • Energi Ombak – merupakan pemanfaatan energi ombak laut yang bisa digunakan untuk membantu kebutuhan manusia. Salah satu contoh pemanfaatan energi ombak ialah untuk di jadikan pembangkit listrik.


  • Energi pasang surut – pasang surut pada air laut terjadi setiap hari dan terjadi secara konstan. Hal ini disebabkan adanya pengaruh gravitasi bulan sehingga mengakibatkan sebagian permukaan laut di bumi menjadi pasang dan sebagian lainnya menjadi surut. Meskipun manfaatnya masih belum maksimal namun energi pasang surut merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui.



2. Udara



udara merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi makhluk hidup. Tanpa adanya udara walaupun hanya sebentar saja tentu kita semua tidak akan hidup. Dengan jumlah yang tidak terbatas di alam membuat udara sebagai salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Selain untuk konsumsi makhluk hidup, udara juga dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan yang lainnya seperti halnya pada mesin. Mesin memanfaatkan pembakaran bahan bakar untuk menggerakkan piston yang di mana tanpa adanya udara (oksigen) hal tersebut tidak akan terjadi.

Salah satu manfaat udara yang bisa kita rasakan setiap hari ialah sebagai perantara suara. Suara merupakan gelombang bunyi yang hanya bisa kita dengar apabila adanya media penghantar yaitu udara. Tanpa adanya udara tentu kita tidak dapat mendengar bunyi sekecil apapun.

3. Angin



Angin merupakan pergerakan udara akibat adanya perbedaan suhu. Angin bisanya akan bergerak dari suhu tinggi menuju suhu rendah.

Angin ini merupakan salah satu sumber daya alam yang selalu ada di sekitar kita. Dimana banyak nya angin yang berhembus tergantung dari kondisi daerah tersebut. Salah satu pemanfaatan angin ini dalam membantu kebutuhan manusia ialah sebagai pembangkit listrik dan penggerak kapal.

4. Sinar Matahari



Matahari merupakan sebuah bintang yang dapat memancarkan radiasi cahaya nya ke planet yang ada di sekitarnya. Pancaran energi cahaya tersebut sampai di bumi dan disebut dengan sinar matahari. Sinar matahari merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat melimpah dan tidak terbatas jumlahnya. Namun energi sinar matahari ini bisa kita rasakan setiap hari namun tidak setiap saat. Ketika malam tiba energi sinar matahari ini tidak bisa kita rasakan.

Salah satu pemanfaatan energi matahari yang biasa kita dengar ialah dengan mengubahnya menjadi energi listrik melalui panel surya. Di mana energi matahari akan mengaktifkan elektron pada panel surya untuk dijadikan sumber energi listrik. Selain itu energi matahari digunakan oleh tumbuhan sebagai proses fotosintesis agar tumbuhan dapat senantiasa hidup.

5. Hewan



Hewan merupakan sumber daya alam yang memiliki jumlah terbatas namun hewan dapat di produksi / diperbarui melebihi dari kebutuhan yang diperlukan sehingga manusia dapat memanfaatkan sumber daya ini setiap saat.

Banyak manfaat yang bisa manusia gunakan melalui sumber daya ini seperti halnya untuk dimakan dagingnya, transportasi, bahan pakaian dll.

6. Tanah



Tanah memiliki jumlah yang tidak terbatas dalam membantu kebutuhan manusia. Banyak manfaat yang diberikan oleh tanah dalam memenuhi kebutuhan manusia diantaranya ialah untuk tempat bercocok tanam. Tanpa adanya tanah maka tumbuhan tidak dapat hidup sehingga manusia dan hewan tidak memiliki sumber makanan pokok yang bisa dimakan.

7. Tumbuhan



tumbuhan merupakan salah satu sumber daya alam yang penting dalam memenuhi kebutuhan manusia. Banyak tumbuhan yang bisa manusia makan dan menjadi makanan utama seperti halnya biji-bijian, umbi-umbian, sayuran, buah dll. Dengan jumlah yang tak terbatas dan dapat dengan cepat di produksi, menjadikan tumbuhan sebagai salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Selain untuk dimakan, tumbuhan juga bermanfaat untuk alam yaitu sebagai penghasil okisgen bagi planet bumi ini. Tanpa adanya tumbuhan tentu pasokan oksigen di bumi akan habis dan proses kehidupan akan berhenti.

8. Energi Geothermal (panas bumi)



Energi geothermal merupakan energi yang dihasilkan oleh panas bumi yang keluar dari permukaan. Suhu pada inti bumi yang mencapai 5430 0C dan merupakan bagian terpanas pada bumi. Panas ini memancar secara konstan, membuatnya keluar dari inti dan menuju ke permukaan bumi. Hal tersebut di sebut dengan aktivitas geothermal. Panas yang keluar dari dari permukaan bumi bisa kita kenal dalam wujud lava, uap panas, air panas dll.

Salah satu pemanfaatan energi geothermal adalah untuk pembangkit listrik dimana energi panas ini digunakan untuk mengolah air menjadi uap. Uap tersebut kemudian digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan menghasilkan listrik.

9. Energi Biomasa



Biomasa merupakan sisa-sia makhluk hidup (Tumbuhan) yang dimanfaatkan oleh manusia. Salah satu contoh penggunaan biomasa ini ialah ketika sedang masak atau untuk perapian, biasanya kita membakar kayu yang dibakar untuk menghasilkan api.

Biomasa ini memiliki jumlah yang tak terbatas. Selama Tumbuhan masih ada di bumi maka energi biomasa bisa kita manfaatkan.

10. Biofuel



Biomasa juga bisa kita gunakan untuk bahan bakar kendaraan. Bagaimana bisa ? Yaitu dengan mengubahnya menjadi biofuel.

Biofuel ini merupakan pemanfaatan Biomasa sebagai bahan bakar dengan menggunakan proses biologi. Pemanfaatan Biomasa sebagai biofuel biasa kita jumpai pada ethanol dan biodiesel. Untuk ethanol bisanya berasal dari tebu dan jagung yang di fermentasi. Sedangkan biodiesel biasanya menggunakan minyak sayur atau minyak binatang. Dengan banyaknya biomasa yang ada di bumi maka menjadikan biofuel sebagai sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Nah itu semua daftar sumber daya alam yang dapat diperbarui yang bisa kalian simak. Semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian semua

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

1 comment:

  1. http://mitoha-goldengamat.com/cara-mengobati-sistitis/

    ReplyDelete