Thursday, January 30, 2020

Proses Terjadinya Hujan Dengan Animasi

3 comments

Hujan adalah sebuah fenomena alam yang Allah SWT ciptakan untuk memberikan sumber kehidupan bagi makhluk yang hidup di daratan. meskipun hujan dapat turun di daerah lautan, sebagian besar hujan terjadi pada daerah di daratan yang dengan adanya fenomena ini, daratan akan tersuplai air tawar di mana air tersebut akan memberikan sumber kehidupan untuk semua makhluk yang ada di daratan seperti halnya tumbuhan, binatang bahkan manusia.


Tahukah kamu jika hujan bukanlah fenomena ghaib yang di mana air turun begitu saja dari langit, namun hujan terjadi disebabkan adanya sebuah proses alamiah yang mengakibatkan air tersebut dapat turun dari langit. Nah bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana proses terjadinya hujan, kalian dapat menyimak penjelasan secara singkat, padat dan jelas tentang bagaimana proses terjadinya hujan yang terjadi di seluruh bumi ini. Berikut penjelasannya.

Proses Terjadinya Hujan Secara Umum

secara umum proses terjadinya hujan dimulai dari adanya panas matahari yang mengakibatkan air di permukaan bumi menjadi menguap dan naik ke atmosfer -> uap-uap hasil dari penguapan tersebut kemudian menjadi segumpalan awan-awan kecil -> selanjutnya segumpalan awan yang terbentuk dibawa oleh angin yang mengakibatkan awan-awan terkumpul dan menjadi besar -> awan yang semakin besar mengakibatkan kandungan air pada awan akan semakin bertambah sehingga ketika awan sudah tidak bisa menampung kandungan air di dalamnya maka air tersebut jatuh ke permukaan bumi dan terjadilah hujan.



Untuk memberikan kalian pengetahuan lebih mendalam terjadinya hujan, berikut penjelasan lebih rinci tentang proses terjadinya hujan


Penguapan Air Oleh Panas Matahari

Matahari merupakan sumber panas yang senantiasa menyinari permukaan bumi. Karena panas yang diakibatkan oleh pancaran cahaya sinar matahari ini, air yang ada di permukaan bumi akan terjadi proses penguapan yang disebut dengan Evaporasi. Tak hanya air di lautan yang mengalami evaporasi, seluruh benda yang mengandung air akan mengalami evaporasi seperti halnya air danau,air sungai makhluk hidup dll.


Uap Air Menjadi Padat dan Terbentuklah Awan

Evaporasi akan menghasilkan uap air dimana uap air tersebut akan terangkat ke atmosfer. Di atmosfer uap air akan terjadi kondensasi (pemadatan) dikarenakan suhu udara yang semakin ke atas semakin dingin sehingga uap air akan mengalami pengembuanan. Embun yang terdiri dari sekumpulan titik air kecil ini akan bertambah banyak seiring dengan semakin turunnya suhu udara sehingga terbentuklah awan.


Pembentukan Awan Yang Lebih Besar

Di atmosfer bumi biasanya akan terjadi pergerakan angin. Angin ini bergerak dari udara yang lebih hangat menuju ke udara yang lebih dingin. Dengan adanya pergerakan angin ini, segumpal awan kecil yang terbentuk sebelumnya akan terkumpul menjadi segumpalan awan yang lebih besar sesuai dengan arah angin yang berhembus. Semakin banyak awan yang terkumpul maka awan akan memiliki warna yang lebih gelap. Hal itulah mengapa ketika akan terjadi hujan hampir selalu diiringi dengan datangnya awan yang lebih gelap.


Terbentuklah Hujan

Ketika awan yang terbentuk semakin besar dan semakin kelabu akan mengakibatkan kandungan air pada awan akan semakin berat. Ketika kandungan air tersebut tidak terbendung lagi maka air tersebut akan jatuh ke permukaan bumi dan terjadilah hujan.


Air yang turun dari langit tersebut akan dimanfaatkan oleh makhluk hidup yang ada di daratan dan sebagiannya akan terserap ke dalam tanah atau menjadi air sungai yang di mana air tersebut akan kembali mengalir ke lautan. Hal itulah mengapa air di laut tidak habis-habis meski sering terjadi hujan di permukaan bumi.


Istilah Dalam Proses Terjadinya air hujan


Evaporasi
Evaporasi merupakan proses perbuahan fase dari cair menjadi gas.

Kondensasi
Kondensasi merupakan proses perubahan fase dari gas menjadi titik air (embun)

Transpirasi
Transpirasi adalah proses penguapan yang terjadi pada tumbuhan

Infiltrasi
Infiltrasi merupakan proses penyerapan air hujan ke dalam tanah.

Limpasan
Limpasan merupakan air hujan yang mengalir kembali ke lautan melalui permukaan tanah seperti pada sungai.

Nah itu lah semua penjelasan tentang bagaimana proses terjadinya air hujan yang bisa saya jelaskan. Semoga artikel di atas dapat dengan mudah di pahami dan bermanfaat bagi kita semua.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

3 comments: