Thursday, January 30, 2020

[Lengkap] Prinsip Cara Kerja Mesin 2 Tak Beserta Animasi dan PV Diagram

2 comments

Mesin 2 tak merupakan salah satu jenis mesin yang beredar di pasaran dunia otomotif. Seiring perkembangannya mesin ini banyak ditinggalkan dan jarang di produksi oleh pabrikan besar para vendor otomotif dikarenakan emisi gas buangnya yang cukup besar. Selain itu masin jenis ini sangat boros dalam konsumsi bahan bakarnya di bandingkan dengan jenis mesin yang lainnya sehingga jarang kita jumpai dan bahkan tidak ada motor dan mobil yang menggunakan mesin ini.
Meskipun sudah jarang di produksi lagi, mesin jenis ini sangat jaya di masa nya. Di awal awal revolusi industri mesin ini banyak digunakan hampir di seluruh jenis motor, mobil bahkan mesin pabrik pun menggunakan mesin jenis ini.

Dengan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, mesin 2 tak memiliki cara kerja tersendiri yang berbeda dengan jenis mesin yang lainnya. Bagi kalian yang ingin mengetahui cara kerja mesin 2 tak ini, berikut saya tunjukkan cara kerja mesin 2 tak secara singkat dan jelas.

Cara kerja Mesin 2 Tak Secara Umum


Secara garis besar, cara kerja mesin 2 tak memiliki 2 langkah utama dalam proses mekanikanya dimana dalam satu langkah terdapat dua proses kerja yaitu: langkah 1 ( hisap dan kompresi ) dan langkah 2 (ekspansi dan buang)

Animasi Cara kerja Mesin 2 Tak 


Langkah Hisap dan Kompresi


Pada langkah ini piston bergerak dari posisi Titik Mati Bawah (TMB) menuju Titik Mati Atas (TMA). Ketika piston bergerak dari titik terbawah menuju titik teratas, ruang bilas (di bawah piston) akan menjadi vakum sehingga udara, oli (pelumas) dan bahan bakar akan otomatis masuk dan bercampur.

Cara kerja mesin 2 tak : Langkah Hisap dan Kompresi

Sedangkan di ruang pembakaran (di atas piston), piston menekan dan terjadi proses kompresi terhadap ruang bakar sehingga suhu udara dan bahan bakar yang tercampur sebelumnya meningkat. Ketika posisi piston hampir berada di puncak teratas, busi akan memberikan percikan api sehingga ruang bakar yang ter kompresi dengan tekanan yang besar akan terbakar dan meledak.

Langkah Ekspansi dan Buang


Pada langkah ini Piston bergerak dari Posisi Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB) dimana pergerakan ini dikarenakan adanya ledakan yang terjadi sebelumnya di ruang bakar. Ketika piston bergerak dari titik teratas menuju titik terbawah, ruang bilas ( dibawah piston) akan tertekan dan menjadi mampat sehingga campuran bahan bakar, oli (pelumas ) dan udara terdorong ke ruang bakar (di atas piston) melalui salura bilas.

Cara kerja mesin 2 tak : Langkah Ekspansi dan Buang

Karena dorongan udara dan bahan bakar yang baru menuju ruang bakar, hasil pembakaran yang sebelumnya terjadi akan terdorong keluar secara otomatis menuju kenalpot melalui saluran lubang buang sehingga ruang bakar terisi oleh udara dan bahan bakar baru. Selanjutnya proses langkah kerja akan kembali lagi seperti langkah pertama dan berulang-ulang yang mengakibatkan piston menghasilkan tenaga putaran.


PV Diagram Pada Mesin 2 Tak

Perlu kalian tahu bahwa PV diagram merupakan suatu diagram yang menyatakan perubahan volume dan perubahan tekanan yang terjadi di dalam silinder selama 1 siklus kerja pada sebuah mesin. PV diagram yang di tunjukan pada gambar di bawah ini merupakan diagram teoritis sebuah mesin dimana udara yang digunakan merupakan gas ideal yang tidak terkontaminasi dengan campuran gas lain. Selain itu penggunaan PV diagram ini digunakan untuk mengetahui total energi kalor yang masuk dan keluar pada sebuah mesin. Berikut PV diagram pada mesin 2 tak


Keterangan:
1-2 = Langkah Kompresi tekanan naik, Q = c (adiabatik) sistem yang tidak melakukan pertukaran panas dengan lingkungannya
2-3 = Pembakaran,dianggap sebagai proses pemasukan kalor padaP naik, V = c (isokhorik) volume tetap
3-4 = Langkah KerjaV bertambah,P turun (adiabatik) sistem yang tidak melakukan pertukaran panas dengan lingkungannya
4-1 = langkah buangan,dianggap sebagai proses pelepasan kalor padaVolume-konstan.

Kelebihan Dan Kekurangan Mesin 2 Tak

setiap mesin pasti memiliki kekurangan dan kelebihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Berikut kekurangan dan kelebihan mesin 2 tak

Kelebihan :
  • Hasil tenaganya lebih besar dibanding dengan mesin 4 tak
  • Mesin 2 tak lebih kecil dan ringan dibanding dengan mesin 4 tak
  • Mesin 2 tak lebih murah biaya produksinya karena konstruksinya yang lebih sederhana

Kekurangan
  • Efisiensi mesin 2 tak lebih rendah dari mesin 2 tak atau bisa kita sebut lebih boros bahan bakar
  • Mesin 2 tak memerlukan campuran oli pada bahan bakarnya hal ini membuat oprasional mesin 2 tak lebih mahal
  • Mesin 2 tak menghasilkan polusi udara yang lebih banyak sehingga kurang ramah lingkunga
  • Pelumasan mesin 2 tak tidak sebaik mesin 4 tak sehingga usia suku cadang dan komponen pada mesin 2 tak akan lebih singkat

Nah itu lah secara garis besar cara kerja mesin 2 tak yang bisa saya jelaskan. Semoga artikel yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian semua.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

2 comments: