Thursday, January 30, 2020

Bagaimana Cara Kerja Kapal Selam

Leave a Comment

Dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian bagiamana cara kerja sebuah kapal selam yang bisa menyelam dan muncul ke permukaan air laut dengan mudahnya.

http://nationalinterest.org

Pernahkah kalian melihat kapal selam ? Tentu hal itu sangatlah jarang sekali. Hal ini karena kapal selam banyak digunakan untuk kalangan militer dan penelitian sehingga akan sangat jarang sekali kapal ini terlihat di pelabuhan / lautan yang umum. Bisanya kebanyakan dari kita umumnya melihat kapal jenis ini di film-film box office yang kita tonton.

Mungkin kalian akan penasaran bagaimana kapal jenis ini dapat menyelam dan mengapung di lautan dengan sangat mudah. Nah, untuk menjawab rasa penasaran kalian, berikut akan saya jelaskan bagaimana cara kerja kapal selam agar dapat menyelam di lautan.

Proses Tenggelam

Kapal selam memiliki tangki yang menyelubungi kapal di mana tangki ini dapat di isi oleh air ketika akan menyelam dan muncul ke permukaan. Pada saat kapal ini akan menyelam katup tangki akan terbuka sehingga air akan masuk ke tangki. Hal ini akan membuat massa jenis kapal bertambah sehingga kapal pun akan melayang di dalam laut. Untuk mengetahui hubungan antara massa jenis dengan tenggelamnya kapal kalian dapat menyimak postingan bagaimana kapal besi dapat mengapung di atas air. Air yang masuk ini bisa di sesuaikan dengan kedalaman kapal yang diinginkan. Semakin banyak air yang masuk maka kapal akan semakin tenggelam hingga di kedalaman yang diinginkan.

Cara kerja kapal selam : ilustrasi kapal selam saat proses tenggelam

Proses Naik Ke Permukaan

Ketika kapal ingin muncul ke permukaan dari keadaan tenggelam, udara bertekanan tinggi di masukkan ke dalam tangki yang berisi air tersebut sehingga mengakibatkan air keluar dari tangki dan diganti oleh udara. Hal ini menyebabkan massa jenis kapal selam akan menurun yang mengakibatkan kapal akan naik ke permukaan.

Cara kerja Kapal selam : ilustrasi kapal selam saat proses ke permukaan


Stabilisasi Kapal

kita perhatikan bahwa kapal selam jika dilihat pada tampak depan akan memiliki bentuk yang bulat seperti halnya sebuah peluru. Hal ini tentu akan membuat benda apapun yang memiliki bentuk bulat akan berputar putar ketika tenggelam di laut. Mengapa kapal selam memiliki posisi yang selalu sama ketika berada di laut ??.


hal ini dikarenakan titik pusat gravitasi pada kapal selam berada di bawah kapal dan bukan di tengah. Titik pusat gravitasi benda ini bisa kita sebut dengan pusat titik beban pada sebuah benda. Apabila benda memiliki titik pusat beban yang berada di bawah, ketika benda tersebut di miringkan maka akan kembali tegak seperti sedia kala. Hal inilah yang menyebabkan kapal selam memiliki posisi yang tetap ketika menyelam. Untuk membuat pusat beban kapal berada di bawah bisanya para perancang meletakkan benda-benda yang berat pada dasar kapal seperti halnya mesin, batreai, dll.

Nah itu lah sedikit penjelasan tentang bagaimana cara kerja kapal selam dapat dengan mudah menyelam di lautan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment