Monday, July 2, 2018

Mengapa Bola Dapat Melengkung Ketika Ditendang ?

Leave a Comment

Bagi kalian pecinta olah raga tentu sudah akrab dengan permainan sepak bola. Sepak bola merupakan olah raga yang sangat populer di dunia saat ini yang bisa dimainkan oleh setiap kalangan usia. Saking sangat populernya olah raga ini, banyak atlet-atlet olagraga ini yang memiliki bayaran gaji yang sangat fantastis seperti halnya Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan kawan-kawan.

Sumber: Chanel youtube dari Nico Korous

Namun jika diperhatikan, ketika para atlet tersebut sedang melakukan tendangan ataupun umpanan, bola yang mereka tendang cenderung akan melengkung kesamping. Tentu bagi kalian yang sering menontong pertandingan sepak bola akan sering melihat hal tersebut. Mengapa hal itu bisa terjadi ?? tentu kalian penasaran bukan ??

Nah, untuk menjawab hal itu berikut akan saya jelaskan bagaimana cara kerja bola yang ditendang bisa melengkung kesamping dalam positngan dibawah berikut.,

Ketika bola ditendang terdapat 2 hal yang terjadi pada bola yaitu bola akan memiliki kecepatan dan bola akan berputar. Kedua hal yang terjadi pada bola tersebut dipadukan dengan bergeseknya bola di udara sehingga mengakibatkan adanya gaya yang disebut dengan magnus efek. Ketika hal tersebut terjadi maka bola akan cenderung mengikuti arah gaya tersebut sehingga mengakibatkan bola bergerak melengkung.




Besarnya gaya yang dihasilkan oleh kondisi ini dipengaruhi oleh kecepatan bola berputar (ω) dan  kecepatan tendangan bola (v). Semakin besar kedua hal tersebut maka gaya magnus semakin besar sehingga bola akan semakin melengkung.


Dari penjelasan diatas, kalian dapat gunakan teori tersebut untuk teknik menendang pada saat kalian bermain sepak bola. Jika kalian ingin menendang dengan arah bola yang melengkung tajam, kalian tendang dengan keras pada bagian samping bola yang akan mengakibatkan bola berputar dan melengkung.


Itu semua penjelasan bagaimana bola dapat melengkung ketika ditendang. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.



If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment