Monday, July 2, 2018

Bagaimana Cara Kerja Cermin

Leave a Comment

Dalam kehidupan sehari -hari, tentu kita tidak lepas dari benda yang sangat berguna yang satu ini yaitu cermin. Cermin merupakan alat yang berfungsi untuk memantulkan cahaya sehingga kita dapat melihat benda di dalam cermin secara sempurna. Dengan menggunakan cermin kita dapat melakukan beberapa kegiatan tanpa bantuan orang lain seperti halnya berdandan, melihat keelokan wajah dan banyak kegiatan lain yang menggunakan cermin.


Nah pernahkah kalian terbesit untuk berfikir bagaimana benda ini dapat memantulkan cahaya sehingga kita dapat melihat benda atau diri kita sendiri di dalam cermin tersebut. Untuk menjawab penasaran tersebut berikut akan saya jelaskan kepada kalian bagaimana cara kerja cermin sehingga dapat memantulkan cahaya.

Untuk menjelaskan bagaimana cara kerja cermin, sebelumnya saya akan jelaskan bagaimana kita dapat melihat benda dengan mata kita. Cahaya sendiri merupakan sebuah energi yang terdiri dari berbagai macam warna. Sehingga apabila cahaya tersebut mengenai benda dengan warna merah maka benda tersebut akan menyerap energi selain dari energi berwarna merah. Sedangkan energi warna merah akan terpantulkan dan mengenai mata kita sehingga kita dapat melihat benda dengan berwarna merah.

Cermin sendiri terdiri dari kaca dan lapisan silver di belakang kaca tersebut. Lapisan silver ini memiliki struktur mikroskopik yang sangat rapat dan memantulkan seluruh warna apabila terdapat cahaya yang mengenainya. Karena lapisan silver ini di poleskan pada kaca sehingga lapisan silver memiliki permukaan yang super rapat dan halus. Karena super halus dan rapatnya lapisan silver tersebut akan membuat pantulan seluruh warna cahaya searah dan tidak terpencar pencar sehingga kita dapat melihat benda dengan sempurna di dalam kaca tersebut.

Ilustrasi Cermin

Jika cermin Memantulkan Seluruh Warna Spektrum Cahaya mengapa kertas Putih tidak dapat di jadikan Cermin ????

jika kita amati bahwa pada warna putih yang kita lihat, dihasilkan karena benda tersebut memantulkan seluruh spektrum warna cahaya yang kemudian tertangkap oleh mata kita. Jika kita bandingkan dengan cermin yang memantulkan seluruh spektrum warna, mengapa kertas yang berwarna putih tidak bisa kita jadikan cermin ?? hal ini dikarenakan pada kertas warna putih memiliki struktur mikroskopik yang kasar dan tidak rapat sehingga hasil pantulan cahaya pada kertas akan terpencar.

Ilustrasi kertas berwarna putih

Berbeda dengan cermin yang terdapat lapisan silver di belakangnya, dimana lapisan ini memiliki struktur mikroskopik yang sangat rapat dan halus sehingga pantulan cahaya akan searah dan tidak terpencar.

Nah itu semua penjelasan bagaimana cara kerja cermin yang kita gunakan sehari-hari. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita semua.



If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment